Jumat, 17 Maret 2017

menjaga kesehatan otak

Kumpulan Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Otak

Otak merupakan bagian tubuh yang memiliki fungsi penting. Apabila otak tidak dijaga dengan baik, maka tentu fungsi dan kinerja dari otak akan mengalami kendala. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan otak. Sebenarnya, untuk menjaga kesehatan otak tidak memerlukan cara yang rumit. Untuk mendapatkan otak yang kuat dan sehat, lakukan beberapa tips di bawah ini.

Menjaga kesehatan otak dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Tips Menjaga Kesehatan Otak

Memiliki otak yang sehat dan kuat tentu merupakan dambaan bagi setiap orang. Karena otak yang sehat akan membuat aktivitas harian Anda berjalan dengan sangat baik, terlebih aktivitas bekerja ataupun belajar. Maka dari itu, lakukan tips menjaga kesehatan otak berikut ini untuk mewujudkan otak yang sehat:

1. Olahraga
Untuk menjaga kesehatan otak, maka olahraga diperlukan. Dari beberapa pengamatan studi yang dilakukan secara konsisten menemukan, bahwa seiring dengan pertambahan usia seseorang, baik pada orang dewasa maupun orang yang lanjut usia. Dengan melakukan olahraga rutin mampu membuat risiko demensia turun. Sedangkan untuk aerobik seperti bersepeda atau berjalan juga sangat berguna untuk kesehatan otak.

Scan otak juga menunjukkan jika latihan aerobik dapat meningkatkan aktivitas otak, serta mampu menghasilkan sel-sel otak yang baru dan membuat koneksi yang baik. Latihan kekuatan juga baik untuk menjaga kesehatan otak.

2. Melakukan rangsangan terhadap otak
Langkah selanjutnya untuk menjaga kesehatan otak ialah dengan memberikan pelatihan terhadap otak agar tidak kehilangan kemampuan yang dimiliki. Anda dapat merangsang otak dengan memberikan pelatihan rutin, seperti membaca, menempuh suatu kursus tertentu, mengisi teka-teki, ataupun melakukan hobi yang dapat membuat Anda berfikir. Hal tersebut akan berguna untuk melatih kekuatan pikiran dan baik bagi kesehatan otak. Bahkan melatih otak akan dapat menambah pengetahuan, membuang kebosanan, serta menyembuhkan depresi.

3. Membangun hubungan sosial
Aktif dalam hal sosial akan dapat menjaga kemampuan kognitif.  Selain itu, menurut penelitian dengan cara ini dapat menurunkan risiko demensia pada orang yang lanjut usia. Sebuah studi dari Rush University Medical Center di Chicago pada tahun 2011 menyebutkan bahwa aktivitas sosial dapat membantu mempertajam ingatan seseorang menjadi. Tak hanya itu, dengan terus melakukan hubungan sosial ternyata memberi efek positif bagi otak. Maka dianjurkan untuk melakukan hal ini guna menjaga kesehatan otak Anda.

4. Menjaga tekanan darah
Penyakit hipertensi dapat mengakibatkan peningkatan risiko terhadap demensia pada orang lanjut usia. Studi dari Women’s Health Initiative menyatakan bahwa seorang wanita yang berada di atas usia 65 tahun yang mempunyai hipertensi akan be-risiko untuk terserang demensia.

Jenis makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak

Sebenarnya tersedia beberapa ragam makanan yang dapat menjaga kesehatan otak dan dapat dengan mudah kita peroleh. Sebagian dari jenis makanan tersebut telah dituliskan di bawah, seperti:

1. Madu
Makanan ini dapat menjadi menu utama untuk menjaga kesehatan otak,sebab dalam madu terdapat kandungan vitamin, mineral, bio-hormon serta enzim yang dapat merangsang kerja otak. Tak hanya itu, ini juga membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi dan efektif untuk memberantas stres. Konsumsi 2 sendok makan madu setiap hari usai sarapan agar Anda dapat memetik manfaat ajaibnya.

2. Ikan dan makanan laut
Ikan dan beberapa produk laut merupakan jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan otak. Sebab makanan ini memiliki kandungan asam amino yang dapat berfungsi untuk merangsang sekresi noradrenalin dan dopamin.

3. Seledri
Sayuran berikut ini dapat mencegah penyakit migrain, memusnahkan kecemasan serta membantu proses berpikir. Anda dapat mengolah seledri untuk dijadikan jus, salad atau dimasukkan dalam olahan sayur.

4. Kedelai
Yang satu ini merupakan jenis biji-bijian yang kaya akan vitamin B1 dan lesitin yang mampu membangun hubungan komunikasi antar sel-sel otak, sehingga dengan demikian mampu membuat informasi lebih cepat diproses. Disarankan agar Anda mengkonsumsi 100 gr kedelai tiap hari atau meminum 2 gelas susu kedelai.

Selain beberapa tips dan konsumsi jenis makanan tersebut, Anda dapat menjaga kesehatan otak dengan melakukan diet sehat. Sebab seperti yang telah Anda ketahui jika obesitas dapat memicu terjadinya beberapa penyakit. Oleh karena itu, jaga kesehatan otak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar